Urutan Skincare Untuk Kulit Berjerawat Yang Wajib Kamu Tahu! – Tidak akan ada habisnya deh kalau membahas soal jerawat apalagi saat masa puber. Masalah kulit yang satu ini banyak sekali dialami orang-orang. Tidak hanya remaja, di usia yang menginjak 30 tahun saja jerawat masih bisa muncul, lho. Oleh karena itu itu, penting banget untuk kamu menggunakan skincare untuk merawat dan mengobati jerawat.

Nah, menggunakan skincare untuk kulit berjerawat ternyata tidak boleh asal pakai lho, girls. Salah urutan saja bisa jadi produk tidak bekerja secara optimal. Tapi tidak perlu bingung, kamu bisa ikuti urutan skincare untuk kulit berjerawat di bawah ini. Berikut ini merupakan urutan skincare untuk kulit berjerawat yang wajib kamu tahu dan dapat kamu aplikasikan untuk pagi maupun malah hari :

1. Urutan skincare di pagi hari

  1. Mencuci wajah

    Mencuci wajah setelah bangun tidur itu sangat penting karena dapat mengangkat residu dan kotoran yang ada saat malam hari ketika kita tidur. Untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, sebaiknya pilihlah facial wash yang gentle dan tidak membuat kulitmu kering. Setelah mencuci wajah kemudian keringkan kulit menggunakan tisu. 

  2. Hydrating toner

    Umumnya jerawat akan muncul ketika kita memiliki kulit yang berminyak, akan tetapi walaupun demikian kamu tetap tidak boleh melewatkan hydrating toner. Selain untuk memberikan kelembapan pada kulit wajah, toner juga dapat membantu untuk mengembalikan pH kulitmu setelah mencuci wajah. Untuk itu pilihlah toner dengan tekstur yang ringan namun tetap menjaga kelembapan kulit wajahmu. 

  3. Serum

    Untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, kamu dapat menambahkan serum di urutan skincare di pagi hari. Akan tetapi jangan lupa untuk memilih produk yang mampu menjaga dan merawat kulit berjerawatmu seperti serum yang memiliki kandungan centella asiatica atau hyaluronic acid.

  4. Moisturizer

    Tidak akan ada bosannya untuk mengingatkan bahwa kulit berjerawat juga membutuhkan kelembapan maka dari itu jangan pernah melewatkan moisturizer dalam penggunaan skincare pada pagi hari. Agar tidak lengket dan menganggu aktivitasmu, gunakalah moisturizer yang memiliki tekstur gel atau water based. Moisturizer juga memiliki fungsi untuk menjaga skin barrier agar tidak cepat rusak, jadi masalah jerawatmu akan cepat teratasi. 

  5. Sunscreen

    Apapun aktivitas mu dirumah ataupun luar rumah, jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan sunscreen. Sunscreen mampu melindungi kulitmu dari bahaya paparan sinar matahari dan blue light. Untuk cuaca di Indonesia yang cukup terik, gunakanlah sunscreen dengan minimal kandungan SPF 30 PA++ dan pastikan re-apply setiap tiga jam sekali.

2. Urutan skincare di malam hari

  1. Double cleansing

    Setelah kamu selesai beraktivitas seharian, jangan lupa untuk melakukan double cleansing. Langkah yang satu ini dapat membuat kulitmu terhindar dari penyumbatan pori-pori akibat residu makeup yang masih menempel di wajahmu meskipun kamu sudah mencuci wajahmu menggunakan facial wash. Step yang satu ini dapat membantu kulitmu bebas dari jerawat, lho. 

  2. Toner

    Untuk malah harinya kamu dapat menambahkan exfoliating toner. Berbeda dengan hydrating toner, toner eksfoliasi mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit wajahmu jerawat. Tidak hanya itu, kandungan seperti AHA dan BHA juga dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan memperbaiki tekstur kulit wajahmu. Proses eksfoliasi dapat membuat kulit wajahmu menjadi kering, setelah itu jangan lupa gunakan hydrating toner

  3. Serum

    Selain digunakan pada skincare pagi, serum juga wajib kamu aplikasikan pada malam hari. Karena banyaknya serum yang dijual di pasaran, pilihlah produk yang aman untuk kulit berjerawat sehingga tidak menyumbat pori-pori dan juga pastikan sudah ber BPOM ya. 
  4. Moisturizer

    Saat malam pun jangan lupakan moisturizer sebelum tidur untuk menjaga kelembapan kulit wajah kamu. Umumnya, jiks ksmu tidur di ruangan ber-ac akan membuat kulitmu menjadi kering dan dehidrasi, jadi penting banget untuk kamu menggunakan moisturizer. Tidak hanya itu, moisturizer juga dapat mengunci semua skincare yang sudah kamu aplikasikan, sehingga hasilnya lebih maksimal saat kamu bangun di pagi hari. 

  5. Face oil

    Face oil yang acne-prone friendly dan ber BPOM kini sudah banyak produknya yang dijual di pasaran. Fungsinya selain memberikan kelembapan ekstra pada wajahmu, face oil juga dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang berjerawat. Kamu dapat memilih face oil yang tinggi akan asam linoleic, seperti tea tree oil, rosehip oil, calendula oil, maracuja oil, safflower oil, evening primrose oil, dan pumkin seed oil.
  6. Spot treatment

    Yang paling terakhir urutannya menggunakan skincare di malam hari untuk kulit yang berjerawat adalah spot treatment. Umumnya akan membuat kulit wajahmu menjadi kering, maka aplikasikan spot treatment hanya di area yang membutuhkan saja. Banyak sekali berbagai jenis spot treatment yang dapat kamu temukan dengan jangkauan harga yang sangat beragam dan pastinya sudah BPOM ya. 

Itulah beberapa urutan skincare untuk kulit wajah yang berjerawat dari pagi hingga malam hari. Jangan sampai ada yang tertinggal salah satunya ya dan jangan lupa juga untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat agar jerawat cepat hilang ya girls!