Inilah Manfaat Teh Hijau untuk Perawatan Kulit Teh hijau ini memiliki banyak manfaat terutama untuk penampilan dan kecantikan. Selain memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan fungsi otak, teh hijau juga memiliki khasiat untuk perawatan kulit pada wajah.

Maka dari itu tidak heran jika teh hijau mulai berkembang sebagai bahan yang terkandung dalam produk kecantikan. Teh hijau memiliki berbagai sifat terapeutik yang memiliki manfaat bagi kulit dalam berbagai cara. Inilah Manfaat teh hijau untuk perawatan kulit wajah yang harus kamu tahu:

1. Manfaat Teh Hijau untuk Lindungi Wajah dari Kanker Kulit

Teh ini mengandung polifenol dan enam jenis katekin, dengan epigallocatechin gallate  (EGCG) dan  epicatechin gallate (ECG) yang memiliki potensi paling besar yang dapat membantu untuk merawat kulit hijau wajah. Karena senyawa ini memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan adalah molekul yang memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat membahayakan tubuh, kesehatan, dan kulit jika kadarnya terlalu tinggi. Mereka dapat menyebabkan banyak kerusakan sel dan telah mempelajari penyakit, termasuk kanker.

kekuatan dari antioksidan EGCG dapat membantu untuk memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Maka dari itu dapat membantu melindungi kulit wajah dari kanker kulit non-melanoma.

Baca Juga : Manfaat Teh Hijau untuk Diet

2. Manfaat Teh Hijau untuk Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan EGCG yang sangat berlimpah dalam teh hijau dapat bermanfaat untuk meremajakan sel-sel kulit yang rusak. Dengan melindungi dan memperbaiki sel-sel, sehingga antioksidan ini dapat memerangi tanda-tanda penuaan dini dan membuat kulit Anda yang kusam terlihat lebih sehat.

Vitamin dalam teh hijau, terutama vitamin B-2, juga dapat membuat kulit wajahmu terlihat lebih muda. Vitamin B-2 memiliki manfaat untuk mempertahankan kadar kolagen yang dapat meningkatkan kekencangan pada kulit.

Baca Juga : 4 Cara Menyeduh Teh Hijau yang Benar

3. Kadar gula darah

Teh hijau ini juga memiliki sifat antiinflamasi karena memiliki kandungan polifenol teh yang tinggi. Sifat anti-inflamasi teh hijau juga dapat membantu untuk mengurangi iritasi, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan. Mengaplikasikan teh hijau pada kulit juga dapat digunakan untuk merekam luka kecil dan terbakar sinar matahari.

Karena sifat anti-inflamasinya, teh hijau topikal dapat digunakan sebagai obat yang efektif untuk banyak kondisi dermatologis. Seperti iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan oleh psoriasis, dermatitis, dan rosacea, dan mungkin juga bermanfaat untuk mengobati keloid.

Baca Juga : Inilah 5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

4. Mengobati Jerawat

Sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba dalam teh hijau juga dapat digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk kamu yang memiliki kulit dan kebutuhan. Polifenol dalam teh hijau ketika diterapkan pada kulit dapat membantu sekresi sebum yang dapat menyebabkan jerawat.

Polifenol dalam teh hijau ini memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Ini berarti teh hijau dapat bermanfaat untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

5. Melembapkan Kulit

Teh hijau ini mengandung beberapa vitamin E. Vitamin E dikenal kemampuannya untuk memelihara dan melembapkan kulit serta mengurangi kulit kasar.

Dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba, masker wajah yang mengandung teh hijau dapat bermanfaat untuk membantu kulit wajah dalam berbagai cara. Tidak dapat melindungi kulit dari penuaan dini, kerusakan UV, dan iritasi, tapi juga bermanfaat untuk melawan yang dapat menyebabkan jerawat.